Nama : Siti Nurhayati
NPM : 18211856
Tugas ke 9 : Tugas 20 Soal
Mata Kuliah :
Perilaku Konsumen
Dosen : Tomy Adi Sumiarso, SE
Tugas 20 Soal
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan
Segmentasi Pasar!
Jawab :
Segmentasi pasar adalah kegiatan
membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang
memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin
membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Segmentasi pasar juga
dapat diartikan sebagai proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli
di pasar produk, menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar.
2. Sebutkan 4 peran segmentasi pasar dalam
marketing
Jawab :
1. Perusahaan akan dapat mendeteksi
secara dini dan tepat mengenai kecenderungan-kecenderungan dalam pasar yang
senantiasa berubah.
2. Dapat mendesign produk yang
benar-benar sesuai dengan permintaan pasar.
3. Dapat menentukan kampanye dan
periklanan yang paling efektif.
4. Dapat mengarahkan dana promosi
yang tersedia melalui media yang tepat bagi segmen yang diperkirakan akan
menghasilkan keuntungan yang lebih besar.
3. Jelaskan apa yang dimaksud segmentasi
pasar
a. Geografis
b.
Demografis
Jawab
a.
Segmentasi Geografis
Pada segmentasi geografis, pasar
dibagi menurut tempat. Teori dalam strategi ini adalah bahwa orang yang tinggal
di daerah yang sama memiliki kebutuhan dan keinginan yang serupa, dan bahwa
kebutuhan dan keinginan ini berbeda dari kebutuhan dan keinginan orang-orang
yang tinggal di daerah-daerah lain. Sebagai contoh, penjualan produk makanan
tertentu dan/atau bermacam-macam makanan lebih baik di satu daerah daripada di
berbagai daerah lain. Misalnya, nasi gudeg penjualan paling baik di Yogyakarta,
sate ayam penjualan paling baik di Madura, buah apel penjualan paling baik di
Malang, dll.
.
b.
Segmentasi Demografis
Karakteristik demografis yang paling
sering digunakan sebagai dasar untuk segmentasi pasar antara lain:
· Usia,
· Gender (jenis kelamin),
· Status perkawinan,
· Pendapatan, pendidikan, dan pekerjaan,
dsb.
Demografis membantu menemukan pasar
target atau sasaran. Informasi demografis merupakan cara yang paling efektif
dari segi biaya dan paling mudah diperoleh untuk mengenali target. Data-data
demografis lebih mudah diukur daripada berbagai variabel segmentasi lain.
Berbagai variabel denografis mengungkapkan kecenderungan yang memberikan
isyarat berbagai peluang bisnis, seperti pergeseran usia, jenis kelamin, dan
distribusi penghasilan.
4. Jelaskan segmentasi pasar berdasarkan
kepuasan
Jawab :
Kepuasan konsumen adalah perasaan
puas setelah telah mengkonsumsi suatu produk tertentu. Kepuasan konsumen
terbagi menjadi dua yaitu kepuasan fungsional dan kepuasaan psikologikal.
Kepuasaan fungsional adalah kepuasaan yang diperoleh akibat dari fungsi
pemakaian suatu produk tertentu sedangkan kepuasan psikologikal adalah kepuasan
yang di peroleh akibat dari atribut tertentu yang tidak kelihatan seperti
perasaan bangga dll.
Kepuasan pelanggan sebenarnya adalah
kunci utama untuk meraih keuntungan maksimal serta untuk kelangsungan hidup
suatu perusahaan, namun jika kepuasan pelanggan itu tidak terpenuhi maka produk
– produk yang diproduksi akan sulit untuk dipasarkan. Salah satu cara dalam
konsep dasar pemasaran adalah segmentasi pasar.
Segmentasi pasar sendiri sebenarnya
sangat berkaitan erat dengan upaya memaksimalkan kepuasaan. Hal ini dikarenakan
kebutuhan pasar atau konsumen sendiri telah dikelompokkan dari yang tadinya
heterogen menjadi homogen. Sehingga kegiatan pemasaran menjadi lebih terfokus
dan target pasarnya pun jelas.
5. Sebutkan beberapa peran seseorang dalam
mempengaruhi sebuah keputusan membeli
Jawab :
Menurut Kotler (2005a:220), terdapat
lima peran dalam keputusan pembelian, yaitu:
a. Initiator (orang yang mengusulkan
gagasan untuk membeli).
b. Influencer (orang yang pandangan atau
sarannya mempengaruhi keputusan).
c. Decision maker (orang yang mengambil
keputusan).
d. Buyer (orang yang melakukan pembelian
aktual).
e. User (orang yang mengonsumsi atau
menggunakan produk atau jasa tertentu).
6. Sebutkan dan jelaskan tahap-tahap dalam
proses keputusan pembeli
Jawab :
Para ahli telah merumuskan proses
pengambilan keputusan model lima tahap, meliputi:
1. Pengenalan masalah. Proses pembelian
dimulai saat pembeli mengenali masalah atau kebutuhan, yang dipicu oleh
rangsangan internal atau eksternal. Rangsangan internal misalnya dorongan
memenuhi rasa lapar, haus dan seks yang mencapai ambang batas tertentu.
Sedangkan rangsangan eksternal misalnya seseorang melewati toko kue dan melihat
roti yang segar dan hangat sehingga terangsang rasa laparnya.
2. Pencarian informasi. Konsumen yang
terangsang kebutuhannya akan terdorong untuk mencari informasi yang lebih
banyak. Sumber informasi konsumen yaitu:
- Sumber pribadi: keluarga, teman,
tetangga dan kenalan.
- Sumber komersial: iklan, wiraniaga,
agen, kemasan dan penjualan.
- Sumber publik: media massa dan
organisasi penilai konsumen.
- Sumber pengalaman: penanganan,
pemeriksaan dan menggunakan produk.
3. Evaluasi alternatif. Konsumen memiliki
sikap beragam dalam memandang atribut yang relevan dan penting menurut manfaat
yang mereka cari. Kumpulan keyakinan atas merek tertentu membentuk citra merek,
yang disaring melalui dampak persepsi selektif, distorsi selektif dan ingatan
selektif.
4. Keputusan pembelian. Dalam tahap
evaluasi, para konsumen membentuk preferensi atas merek-merek yang ada di dalam
kumpulan pilihan. Faktor sikap orang lain dan situasi yang tidak dapat
diantisipasi yang dapat mengubah niat pembelian termasuk faktor-faktor
penghambat pembelian. Dalam melaksanakan niat pembelian, konsumen dapat membuat
lima sub-keputusan pembelian, yaitu: keputusan merek, keputusan pemasok,
keputusan kuantitas, keputusan waktu dan keputusan metode pembayaran.
5. Perilaku pasca pembelian. Para pemasar
harus memantau kepuasan pasca pembelian, tindakan pasca pembelian dan pemakaian
produk pasca pembelian, yang tujuan utamanya adalah agar konsumen melakukan
pembelian ulang.
7. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pengetahuan
pembeli
Jawab :
Pengetahuan pembelian terdiri atas
pengetahuan tentang toko, lokasi produk di dalam toko tersebut, dan penempatan
produk di dalam toko. Keputusan konsumen mengenai tempat pembelian produk akan
sangat ditentukan oleh pengetahuannya.
8. Sebutkan 8 fungsi sikap konsumen
Jawab :
Sikap mempunyai fungsi sebagai
berikut :
1. Fungsi Penyesuaian
Fungsi ini mengarahkan manusia
menuju obyek yang menyenangkan atau menjauhi obyek yang tidak menyenangkan. Hal
ini mendukung konsep utilitarian mengenai maksimasi hadiah atau penghargaan dan
minimisasi hukuman.
2. Fungsi Pertahanan Diri
Sikap dibentuk untuk melindungi ego
atau citra diri terhadap ancaman serta membantu untuk memenuhi suatu fungsi
dalam mempertahankan diri.
3. Fungsi Ekspresi Nilai
Sikap ini mengekspresikan
nilai-nilai tertentu dalam suatu usaha untuk menerjemahkan nilai-nilai tersebut
ke dalam sesuatu yang lebih nyata dan lebih mudah ditampakkan.
4. Fungsi Pengetahuan
Manusia membutuhkan suatu dunia yang
mempunyai susunan teratur rapi, oleh karena itu mereka mencari konsistensi,
stabilitas, definisi dan pemahaman dari suatu kebutuhan yang selanjutnya
berkembanglah sikap ke arah pencarian pengetahuan.
5. fungsi Utilitarian
mengacu pada ide bahwa orang
mengekpresikan perasaan untuk memaksimalkan hukuman yang mereka terima dari
orang lain.
6. fungsi pembelaan ego
Fungsi sikap sebagai pembela ego
adalah melindungi orang dari kebenaran mendasar tentang diri sendiri atau dari
kenyataan kekejaman dunia luar.
7. Fungsi pembelaan ego atau fungsi
pertahanan harga diri
Adalah mekanisme pembelaan orang
fanatik yang tidak mau mengakui kegelisahan diri mereka yang paling mendasar.
8. fungsi nilai ekspresif/fungsi
identitas social
mengacu pada bagaimana seseorang
mengekpresikan nilai sentral mereka kepada orang lain
9. Jelaskan apa yang dimaksud dengan
sumberdaya temporal/sementara
Jawab :
Sumber Daya Temporal – Waktu
Waktu menjadi variabel yang semakin
penting dalam memahami perilaku konsumen. Karena, konsumen semakin mengalami
kemiskinan akan waktu. Namun demikian ada suatu bagian waktu yang dihabiskan
untuk kegiatan yang sangat pribadi yaitu waktu senggang. Produk yang
diklasifikasikan menurut sifat waktu konsumen disebut barang waktu (time
goods).
• Barang yang Menggunakan Waktu
Produk yang memerlukan pemakaian
waktu dalam mengkonsumsinya. Contoh: Berenang, sepak bola, badminton (waktu
Senggang) Tidur, perawatan tubuh, pulang pergi (waktu wajib).
• Barang Penghemat Waktu Produk yang
menghemat waktu memungkinkan konsumen meningkatkan waktu leluasa mereka.
Contoh: Rice Cooker, Mesin Cuci, Handphone.
10.
Jelaskan pengertian perilaku konsumen menurut :
a.
John C mowen dan Michael minor
b.
Engel, Blackwell dan Miniard
Jawab
a. . Menurut John C. Mowen dan
Michael Minor mendefinisikan perilaku konsumen sebagai studi tentang unit
pembelian (buying unit) dan proses pertukaran yang melibatkan perolehan, konsumsi
berbagai produk,jasa dan pengalaman serta ide-ide.
b. Menurut Engel, Blackwell dan
Miniard, menyatakan bahwa perilaku konsumen adalahtindakan yang langsung
terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi dan menghabiskan produk dan jasa
termasuk proses keputusan yang mendahului dan mengikuti tindakan ini.
11.
Sebutkan dan jelaskan factor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen
Jawab :
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi
Tingkah Laku Konsumen:
a.Faktor Kebudayaan
Kebudayaan merupakan penentu
keinginan dan perilaku yang paling mendasar untuk mendapatkan nilai, persepsi,
preferensi dan perilaku dari lembaga-lembaga penting lainnya.
b. Faktor Sosial
Kelas sosial merupakan pembagian
masyarakat yang relatif homogen dan permanen yang tersusun secara hierarkis dan
yang anggotanya menganut nilai-nilai, minat, dan perilaku yang serupa.
c. Faktor Pribadi
Faktor pribadi didefinisikan sebagai
karakteristik psikologis seseorang yang berbeda dengan orang lain yang
menyebabkan tanggapan yang relatif konsisten dan bertahan lama terhadap
lingkungan.
d. Faktor Psikologis
Faktor psikologis sebagai bagian
dari pengaruh lingkungan dimana ia tinggal dan hidup pada waktu sekarang tanpa
mengabaikan pengaruh dimasa lampau atau antisipasinya pada waktu yang akan
datang.
12.
Sebutkan 5 tinggi rendahnya status seseorang menurut talcott person
Jawab :
Talcott Parsons menyebutkan lima
kriteria tinggi rendahnya status seseorang, yaitu:
1) Kriteria kelahiran: meliputi
faktor ras, jenis kelamin, kebangsawanan, dan sebagainya.
2) Kriteria kualitas pribadi :
meliputi kebijakan, kearifan, kesalehan, kecerdasan, usia dan sebagainya.
3) Kriteria prestasi : meliputi
kesuksesan usaha, pangkat dalam pekerjaan, prestasi belajar, prestasi kerja,
dan sebagainya.
4) Kriteria pemilikan: meliputi
kekayaan akan uang dan harta benda.
5) Kriteria otoritas : yaitu
kemampuan untuk mempengaruhi pihak lain sehingga pihak lain tersebut bertindak
seperti yang diinginkan.
13.
Jelaskan pengukuran kelas social menurut:
a. Aristoteles
b.
Karl Max
Jawab
Menurut Karl Marx ada dua macam
kelas dalam setiap masyarakat, yaitu kelas atas yang memiliki tanah atau
alat-alat produksi lainnya dan kelas bawah yaitu kelas yang tidak memiliki
alat-alat produksi kecuali tenaga yang disumbangkan dalam proses produksi.
14.
Jelaskan pembagian kelas social berdasarkan status social! Berikan 1
contohnya!
Jawab :
Pelapisan sosial berdasarkan
kriteria sosial, model pelapisannya berhubungan dengan prestise atau gengsi.
• Prestises atau gengsi pada
masyarakat feodal umumnya diukur dari garis keturunan.
• Di Jawa masa kerajaan terdapat
pelapisan dari atas ke bawah yakni:
• 1) Raja (Sultan).
• 2) Kaum Bangsawan (Sentono Dalem).
• 3) Priyayi (Abadi Dalem tingkat
tinggi).
• 4) Kawulo (wong cilik).
15.
Jelaskan apa yang dimaksud pengaruh individu terhadap perilaku konsumen
Jawab :
Pengaruh individu dalam perilaku
konsumen merupakan salah satu faktor yang dapat menjadi acuan seorang konsumen
dalam melakukan kegiatan pembelian. Setiap individu memiliki pemikiran yang
berbeda-beda dalam menkonsumsi suatu barang atau jasa, namun adakalanya seorang
individu dapat mempengaruhi individu lainnya dalam mengkonsumsi suatu barang
atau jasa.
16.
Sebutkan dan jelaskan 5 peranan dalam pengambilan keputusan konsumsi
keluarga
Jawab :
1. Penjaga pintu (gatekeeper).
Inisiator pemikiran keluarga mengenai pembelian produk dan pengumpulan
informasi untuk membantu pengambilan keputusan
2. Pemberi pengaruh (influencer).
Individu yang opininya dicari sehubungan dengan kriteria yang harus digunakan
oleh keluarga dalam pembelian dan produk atau merek mana yang paling mungkin
cocok dengan kriteria evaluasi itu
3. Pengambil keputusan (decider).
Orang dengan wewenang dan / atau kekuasaan keuangan untuk memilih bagaimana
uang keluarga akan dibelanjakan dan produk atau merek mana yang yang akan
dipilih.
4. Pembeli (buyer). Orang yang
bertindak sebagai agen pembelian: yang mengunjungi toko, menghubungi penyuplai,
menulis cek, membawa produk kerumah, dan seterusnya.
5. Pemakai (user). Orang yang
menggunakan produk
17.
Sebutkan 3 faktor-faktor situasi konsumen
Jawab :
Secara garis besar jenis/tipe
situasi konsumen dibagi menjadi 3 sesuai dengan waktu kegunaannya yaitu :
1. Situasi Komunikasi
2.
Situasi Pembelian
3.
Situasi Pemakaian
18.
Jelaskan pengertian konsumen menurut Philip kotler
Jawab :
Pengertian Konsumen menurut Philip
Kotler (2000) dalam bukunya Prinsiples Of Marketing adalah semua individu dan
rumah tangga yang membeli atau memperoleh barang atau jasa untuk dikonsumsi
pribadi.
19.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan sikap, motivasi dan konsep
Jawab :
Menurut Gordon Allpor dalam Hartono
Sastro wijoyo(2005), Sikap adalah Mempelajari kecenderungan memberikan
tanggapan pada suatu obyek baik disenangi maupun tidak disenangi secara
konsisten. Menurut Hawkins (1980), sikap dapat di definisikan sebagai cara kita
berfikir, merasakan dan bertindak terhadap beberapa aspek. Kinner dan Taylor
(1987) menyatakan bahwa sikap adalah pemandangan individu berdasarkan
pengetahuan penilaian dan proses orientasi tindakan terhadap suatu obyek atau
gejala.
Motivasi menurut American Encyclopedia
adalah kecenderungan (suatu sifat yang merupakan pokok pertentangan) dalam diri
sesoerang yang membangkitkan topangan dan tindakan. Motivasi meliputi factor
kebutuhan biologis dan emosional yang hanya dapat diduga dari pengamatan
tingkah laku manusia.
20.
Jelaskan apa yang dimaksud pengaruh kebudayaan terhadap perilaku
konsumen.
Jawab :
Faktor budaya memberikan pengaruh
paling luas dan dalam pada perilaku konsumen. Pengiklan harus mengetahui
peranan yang dimainkan oleh budaya, subbudaya dan kelas social pembeli. Budaya
adalah penyebab paling mendasar dari keinginan dan perilaku seseorang. Budaya
merupakan kumpulan nilai-nilai dasar, persepsi, keinginan dan perilaku yang
dipelajari oleh seorang anggota masyarakat dari keluarga dan lembaga penting
lainnya. Setiap kebudayaan terdiri dari sub-budaya – sub-budaya yang lebih
kecil yang memberikan identifikasi dan sosialisasi yang lebih spesifik untuk
para anggotanya. Sub-budaya dapat dibedakan menjadi empat jenis: kelompok
nasionalisme, kelompok keagamaan, kelompok ras, area geografis. Banyak
subbudaya membentuk segmen pasar penting dan pemasar seringkali merancang
produk dan program pemasaran yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.