Jumat, 25 Januari 2013

20 soal jawaban MSDM




NAMA  :  SITI NURHAYATI
KELAS   :  2EA27
NPM     :  18211856



20 SOAL MSDM
1.      Mengapa MSDM  semakin penting ,padahal alat-alat canggih semakin banyak  uraikan jawaban anda ?
Jawab : karena msdm yang berkualitas merupakan asset yang paling penting untuk perusahaan yang apabila diberi pelatihan dan pengembangan akan bisa berfungsi lebih baik lagi tetapi jika hanya mengandalkan alat-alat canggih alat-alat tersebut tidak akan dapat mengembangkan fungsinya sendiri  tanpa adanya msdm yang berkualitas

2.      Kenapa istilah msdm  lebih popular daripada manajemen personalia ?
Jawab : Pergantian istilah dari manajemen personalia dengan manajemen SDM dianggap sebagai suatu gerakan yang mencerminkan pengakuan adanya peranan vital dan semakin pentingnya sumber daya manusia dalam suatu organisasi, adanya tantangan-tantangan yang semakin besar dalam pengelolaan SDM secara efektif, serta terjadinya pertumbuhan ilmu pengetahuan dan profesionalisme dibidang manajemen sumber daya manusia.

3.      Mengapa waskat sangat berperan dalam mewujudkan tujuan ?
Jawab : Waskat (pengawasan melekat) adalah tindakan yang nyata dan efektif untuk mencegah/mengetahui kesalahan,membetulkan kesalahan, memelihara kedisiplinan, meningkatkan prestasi kerja, mengaktifkan peranan atasan dan bawahan, menggali sistem-sistem kerja yang efektif, serta menciptakan sistem internal kontrol yang terbaik dalam mendukung terwujudnya tujuan perusahaan, pegawai, dan masyarakat.

4.      Berikan alasan kenapa karyawan didalam kota besar alat-alat motivasinya lebih banyak dari karyawan dikota kecil ?
Jawab : Dikota besar segala sesuatu yang dapat dijadikan alat motivasi karyawan mudah didapat sedangkan di kota kecil alat yang dapat dijadikan motivasi karyawan sulit di dapat contohnya seperti alat transportasi. 

5.      Apa saja persamaan dan perbedaan pemberian motivasi dengan insentif ?
Jawab : persamaan : Program insentif dirancang untuk meningkatkan motivasi kerja pekerja. perbedaan : Insentif menghubungkan penghargaan dan kinerja dengan memberikan imbalan kinerja tidak berdasarkan senioritas atau jam kerja.

6.      Apa persamaan dan perbedaan pemberian insentif dengan benefit ?
Jawab : persamaan :  Program insentif dan benefit dirancang untuk meningkatkan motivasi kerja pekerja.perbedaan : Insentif menghubungkan penghargaan dan kinerja dengan memberikan imbalan kinerja tidak berdasarkan senioritas atau jam kerja sedangkan benefit  Benefits program adalah kompensasi lain di luar gaji dan upah. Bentuk kompensasinya dapat berupa retirement plan atau cafetaria benefits plan.

7.      Dimana letak perbedaan pemberian motivasi dengan benefit ?
Jawab :  Benefits program adalah kompensasi lain di luar gaji dan upah. Bentuk kompensasinya dapat berupa retirement plan atau cafetaria benefits plan.
Retirement plans merupakan rencana pensiun pekerja. Metodenya bisa berbeda-beda. Bentuknya dapat berupa menghimpun potongan gaji, kombinasi cadangan dana perusahaan, menghubungkan dana pensiun dengan asuransi, dan pembayarannya dapat dilakukan dengan cara bulanan, dibayarkan sekaligus atau kombinasi diantara keduanya.
Sementara itu, Cafetaria Benefits Plans merupakan suatu rencana pemberian kompensasi tambahan dengan menetapkan batas jumlah tertentu per pekerja, tetapi mereka boleh memilih variasi dari bentuknya. Tujuan dari variasi ini adalah memberikan fleksibilitas kepada pekerja untuk memilih yang paling sesuai dengan kebutuhannya. Demikian pula biaya pemeliharaan kesehatan dapat dilakukan dengan berbagai bentuk, antara lain bekerja sama dengan perusahaan asuransi.

8.      Apa sasaran pemberian insentif pada karyawan ?
Jawab : : Program insentif dirancang untuk meningkatkan motivasi kerja pekerja.

9.      Jelaskan perbedaan MSDM dengan manajemen personalia ?
Jawab :  MSDM dikaji secara makro, sedangkan managemen personalia dikaji secara mikro,  MSDM menganggap manusia adalah kekayaan (Asset) jadi harus dipelihara dengan baik, sedangkan manajemen persoalia menganggap bahwa karyawan adalah faktor produksi jadi harus dimanfaatkan secara produktiv. MSDM pendekatannya secara moderen sedangkan manajemen personalia secara klasik.




10.  Mengapa pengaadaan adalah yang penting dan sulit ?
Jawab : Pengadaan karyawan merupakan masalah penting, sulit, dan kompleks karena untuk mendapatkan dan menempatkan orang-orang yang kompeten, serasi, serta efektif tidaklah semudah membeli dan menempatkan peralatan

11.  Mengapa masalah pengadaan dapat dikatakan merupakan cermin utama keberhasilan MSDM,berikan alasannya ?
Jawab : Pengadaan adalah proses penarikan. Seleksi, penempatan, orientasi, dan induksi untuk mendapatkan karyawan yang efektif dan efisien membantu tercapainya tujuan perusahaan. Pengadaan karyawan merupakan langkah pertama dan yang mencerminkan berhasil tidaknya suatu perusahaan mencapai tujuannya. Jika karyawan yang diterima kompeten, maka usaha untuk mewujudkan tujuan relatif mudah. Sebaliknya, apabila karyawan yang diperoleh kurang memenuhi syarat. Sulit bagi perusahaan mencapai tujuannya.

12.  Bagaimana proses pengadaan karyawan yang baik ?
Jawab : Pengadaan karyawan harus didasarkan pada prinsip apa baru siapa. Apa artinya kita harus terlebih dahulu menetapkan pekerjaan-pekerjaannya berdasarkan uraian pekerjaan (job description). Siapa artinya kita baru mencari orang-orang yang tepat untuk menduduki jabatan tersebut berdasarkan spesifikasi pekerjaan (job specification).

13.  Apa saja pokok-pokok bahasan utama dalam pengadaan karyawan ?
Jawab : Pokok bahasan utama pada fungsi pengadaan adalah proses dimana penarikan, seleksi dan penempatan, orientasi dan induksi untuk mendapatkan karyawan yang yang efektif dan efisien membantu tercapainya suatu tujuan perusahaan.

14.  Jelaskan mengapa seleksi penerimaan pegawai baru sangat penting ?
Jawab : Proses seleksi pegawai merupakan salah satu bagian yang teramat penting dalam keseluruhan proses manajemen sumber daya manusia.karena Ada dan tidaknya pegawai yang memenuhi tuntutan organisasi sangat tergantung pada cermat tidaknya proses seleksi itu dilakukan. 

15.  Kenapa tes psikologi penting dalam seleksi penerimaan karyawan ?
Jawab : karena tes psikologi merupakan proses menguji tentang kecerdasan, bakat, prestasi, minat, dan kepribadian dari pelamar. 

16.  Apakah pedoman yang dilakukan dalam pelaksanaan seleksi ?
Jawab : Proses seleksi (langkah2 seleksi):
·         Seleksi surat2 lamaran
·         Pengisian blanko lamaran
·         Pemeriksaan referensi
·         Wawancara pendahuluan
·         Test penerimaan
·         Test psikologi
·         Test kesehatan
·         Wawancara akhir atasan langsung
·         Memutuskan diterima atau ditolak


17.  Jelaskan korelasi seleksi dengan penempatan karyawan ?
Jawab :   Seleksi  :    Proses menggali dan menggunakan informasi tentang pelamar untuk menentukan siapa yang paling tepat mengisi lowongan jabatan yang ditawarkan.
Penempatan :  Usaha mencocokkan ( matching ) individu dengan pekerjaan : kebutuhan (spesifikasi jabatan) dengan pengetahuan, skill, kemampuan, preferensi, minat, dan kepribadian pelamar.

18.  Apa saja manfaat dilakukannya orientasi pegawai ?
Jawab : Program Orientasi Karyawan Baru bertujuan untuk :
·         Menyiapkan mental bagi karyawan baru dalam menghadapi peralihan suasana dari lingkungan pendidikan ke dunia kerja yang nyata
·          Menghilangkan hambatan psikologis dalam memasuki kelompok yang baru
·         Mengenal secara singkat lingkungan pekerjaan yang baru

19.  Jelaskan pengertian induksi untuk karyawan baru?
Jawab : Pengertian Pengangkatan dan Induksi adalah penempatan Karyawan pada suatu jabatan/ pekerjaan baru. Prinsip dari pengangkatan adalah mempertimbangkan efektivitas, peraturan ketenagakerjaan dan menghindari separation. Pengangkatan karyawan dilakukan setelah calon karyawan lulus dalam seleksi dan ditempatkan pada unit yang sesuai dengan kualifikasi yang dimilikinya.

20.  Bagaimana pengaruh job specification terhadap jumlah lamaran yang diterima suatu perusahaan ?Jawab : Hubungan spesifikasi & lamaran pekerjaan:Uraian pekerjaan à menggambarkan pekerjaan2 yang harus dilakukan lalu Spesifikasi à menggambarkan syarat2 untuk memenuhi uraian pekerjaan ituJadi kalo seseorang memenuhi spesifikasi pekerjaannya, maka dia dapat melakukan pekerjaan sesuai dengan uraian yang diberikan

2 komentar:

  1. KUNJUNGI PENGADAAN TENAGA KERJA
    http://indonugraha.blogspot.co.id/2016/02/pengadaan-tenaga-kerja.html

    BalasHapus
  2. Apa saja persamaan dan perbedaan pemberian motivasi dengan insentif ?
    Persamaannya: Keduanya dapat dipergunakan untuk meningkatkan gairah kerja pegawai agar produktivitas pegawai/pekerja meningkat.
    Perbedaan: Motivasi dapat berupa pujian, sapaan, komunikasi yang intens, dan memberikan contoh/tauladan, Sedangkan Insentif umumnya berbentuk uang/benda.

    BalasHapus